Header Ads

Penuhi anak-anak dengan kasih sayang

Kendal - Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Jawa Tengah bicara soal kekerasan terhadap anak yang kian hari kian memprihatinkan. Menurut Budi Irwanto, Ketua IPNU Sukorejo, kekerasan terhadap anak disebabkan faktor psikologi orang tua yang belum siap 'momong' anak.

"Banyaknya kekerasan terhadap anak disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya faktor lingkungan yang kurang baik, faktor usia (nikah muda) yang belum matang secara mental, faktor psikologis orang tua, kemiskinan, dan emosional yang tinggi." Ujarnya, Sabtu (11/07).

Dalam membimbing anak, lanjut dia, bukan hanya sekedar memenuhi keinginannya dengan materi, namun juga penuhi dengan kasih sayang.

"Butuh banyak kesiapan dalam membina rumah tangga, terutama dalam mengurus anak. Bukan hanya di kasih materi, tapi yang paling penting anak butuh kasih sayang orang tua." Tandas Alumni STAINU Temanggung ini.

Selaras dengan Sukron, Sekretaris IPNU Sukorejo, bahwa dalam membimbing anak bukan selalu identik dengan materi yang berlimpah, melainkan dengan kasih sayang dan cinta serta pendidikan.

"Membimbing anak itu kewajiban dan tanggung jawab. Jangan mudah memberi anak dengan materi, tapi beri juga dengan kasih sayang dan cinta." Ujarnya.

Orang tua juga harus mampu meredam emosi, karena kekerasan anak banyak dilakukan orang tua di kala emosi.

"Orang tua harus lebih sabar. Pake hati, jangan pake emosi." Tandasnya. (Skn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.